Psikologi Klinis & Psikologi Konseling

Psikologi Klinis

Definisi: Psikologi Klinis adalah integrasi ilmu pengetahuan, teori dan pengetahuan klinis untuk tujuan pemahaman, mencegah, dan menghilangkan kesusahan psikologis berbasis atau disfungsi dan untuk mempromosikan kesejahteraan subjektif dan pengembangan pribadi. Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang bersangkutan dengan penilaian dan pengobatan penyakit mental, perilaku abnormal dan masalah kejiwaan. Bidang ini mengintegrasikan ilmu psikologi dengan pengobatan masalah manusia yang kompleks, menjadikannya pilihan karir yang menarik bagi orang-orang yang mencari bidang yang menantang dan bermanfaat.

Mempelajari tentang: Psikolog klinis adalah ahli yang latar belakang pendidikannya dari sejak jenjang pendidikan strata I adalah ilmu perilaku manusia, untuk kemudian mengikuti pendidikan Magister Psikologi Terapan dengan mayoring Psikologi Klinis. Pusat untuk praktek adalah penilaian psikologi dan psikoterapi (pnyembuhan(terapi) jiwa), meskipun psikolog klinis juga terlibat dalam penelitian, pengajaran, konsultasi, kesaksian forensik, dan pengembangan program dan administrasi.

Prospek kerja:
- Di banyak negara, psikologi klinis adalah profesi kesehatan diatur mental. ­ Pendekatan Holistik mengungkapkan bahwa seorang yang sakit fisik juga sekaligus sakit mental, karena hubungan resiprokal antara aspek fisik dan mental tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dengan demikian, di samping perawatan medis seorang pasien sering membutuhkan pendampingan Psikolog Klinis untuk membantu pemulihan kesehatan aspek mentalnya. Apalagi, ketegangan emosi seseorang yang mengalami kesulitan memecahkan masalah psikologis yang dihadapi sering memanifestasi dalam bentuk keluhan fisik.
- Psikologi klinis berkaitan dengan, diagnosis pengobatan penilaian, dan pencegahan gangguan mental. Sementara mereka sering bekerja dalam pengaturan medis, psikolog klinis bukan dokter medis dan tidak meresepkan obat di kebanyakan negara. Psikologi klinis merupakan subbidang yang terbesar dari psikolog. Khusus daerah dalam psikologi klinis termasuk kesehatan mental anak, kesehatan mental dewasa, ketidakmampuan belajar, gangguan emosi, penyalahgunaan zat, geriatri dan psikologi kesehatan.
- Psikolog klinis sering bekerja di rumah sakit, praktek swasta atau pengaturan akademik. Klinisi dilatih dalam berbagai teknik dan pendekatan teoritis. Beberapa mengkhususkan diri dalam mengobati gangguan psikologis tertentu, sementara yang lain bekerja dengan klien yang menderita berbagai macam masalah. Psikolog klinis mengobati beberapa gangguan kejiwaan yang paling berat seperti skizofrenia dan depresi.
Selain bekerja dengan klien, psikolog klinis harus menjaga catatan detail dari klien, diagnosis penilaian, tujuan terapi dan catatan perawatan. Catatan ini membantu dokter dan kemajuan klien melacak dan sering diperlukan untuk tujuan penagihan dan asuransi.


Psikologi Konseling

Definisi: Psikologi konseling adalah spesialisasi psikologi yang meliputi penelitian dan kerja yang diterapkan dalam beberapa ranah yang luas: konseling proses dan hasil, pengawasan dan pelatihan, pengembangan karir dan bimbingan, dan pencegahan dan kesehatan. Perhimpunan Psikologi Konseling menggambarkan lapangan sebagai "spesialisasi psikologi [yang] memfasilitasi fungsi pribadi dan antarpribadi di seluruh rentang kehidupan dengan fokus pada emosional, sosial, kejuruan, pendidikan, kesehatan, perhatian dan perkembangan organisasi."

Mempelajari tentang: Beberapa tema pemersatu di kalangan psikolog konseling mencakup fokus pada aset dan kekuatan, orang-interaksilingkungan, pengembangan pendidikan dan karir, interaksi singkat, dan fokus pada kepribadian yang utuh. Psikologi konseling berfokus pada penyediaan perawatan terapi kepada klien yang mengalami berbagai gejala. Hal ini juga salah satu daerah khusus terbesar dalam psikologi.

Prospek Kerja: Psikolog konseling melakukan begitu banyak hal sulit untuk memberikan sinopsis. Secara umum, seorang psikolog konseling dapat berkonsultasi dengan berbagai lembaga (misalnya sekolah, pemerintah, organisasi swasta), mengajar di tingkat perguruan tinggi (undergrad dan tingkat pascasarjana), melakukan penelitian, terapi (misalnya kelompok, individu, keluarga), pemegang posisi administrasi akademik (misalnya dekan perguruan tinggi), dll

Psikolog konseling belajar dan bekerja dalam berbagai pengaturan. Beberapa daerah yang psikolog konseling bekerja dan belajar adalah:
penyalahgunaan zat
kejuruan psikologi
perkembangan anak
remaja pembangunan
dewasa pembangunan / penuaan
kesehatan psikologi (misalnya termasuk perawatan jangka panjang, AIDS, kanker, dll)
penyakit mental (misalnya gangguan kecemasan)
forensik psikologi
psikologi olahraga
neuropsikologi
agresi / pengendalian amarah
gangguan kecemasan
hubungan interpersonal
penaksiran
rehabilitasi
masyarakat psikologi
Proses konseling / hasil
kelompok proses
intervensi krisis
perkembangan cacat
gangguan makan
pengawasan
multikulturalisme
Psikolog konseling dapat bekerja dalam berbagai pengaturan juga. Banyak dari mereka termasuk: pusat konseling perguruan tinggi, praktek swasta, rumah sakit, organisasi swasta, dan pemerintah.



Comments

  1. Terimakasih sangat membantu dan bermanfaat

    http://blog.binadarma.ac.id/ay_ranius

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ah Joong - Show Me Your Heart (My PS Partner OST.)

Cara Flashing Asus Zenfone 5 Bootloop Dengan Sideload

Mengganti Warna ID Mobile Legends: Bang Bang